Kioson Sebagai Jembatan Kesenjangan Digital UMKM

Triviaries - Kioson Sebagai Jembatan Kesenjangan Digital UMKM, Halo sobat semua, kembali kali ini admin akan berbagi informasi tentang Kioson. Apa itu Kioson? Penasaran kan?? Yuk disimak sampai selesai.
Kioson Sebagai Jembatan Kesenjangan Digital UMKM
Kioson - Semua Bisa Online
Bikin UMKM Makin Eksis Bermodal Android
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di masa lalu mungkin sempat sulit bertahan karena banyak faktor, mulai kalah persaingan hingga kesulitan mencari pelanggan. Namun kini Anda yang merupakan pelaku UMKM dapat mengucapkan selamat tinggal sebab industri ini sangat terbantu dengan muningkatnya popularitas bisnis berbasis internet; e-commerce.

Tren e-commerce di Indonesia sebenarnya dianggap cukup menjanjikan oleh para pebisnis kelas kecil, menengah, ataupun atas. Hal ini disebabkan bahwa angka pengguna internet di Indonesia termasuk yang tertinggi dibandingkan negara di kawasan Asia Tenggara lainnya. Data dari tahun 2015 sendiri sudah menunjukkan bahwa pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 139 juta, serta diprediksi akan terus tumbuh hingga 180 juta di akhir 2016.
Kioson Sebagai Jembatan Kesenjangan Digital UMKM
Sumber: APJII
Bisnis e-commerce makin menjanjikan setelah munculnya banyak toko online yang bisa dijadikan alternatif memenuhi kebutuhan dasar hingga tertier dengan menjanjikan pengalaman lebih mudah tanpa masalah. Bisnis ini – kemudian – semakin dianggap sebagai lahan basah setelah kemunculan handset berbasis Android yang memungkinkan penggunanya terhubung melalui internet sepanjang waktu. 

Perkembangan positif ini kemudian memicu inisiatif PT. Kioson Komersial Indonesia untuk membantu bisnis kecil dan menengah bertahan menghadapi tantangan lokal maupun global. Fungsi Kioson sebagai jembatan kesenjangan digital UMKM ini tercermin dalam misi perusahaan untuk melakukan digitalisasi masyarakat, terutama di daerah kota lapis dua di Indonesia (rural society).
Sekilas tentang Kioson – Semua yang Wajib Diketahui
PT. Kioson Komersial Indonesia, selanjutnya lebih dikenal sebagai Kioson, merupakan perusahaan yang menyediakan aplikasi untuk membantu UMKM di Indonesia. Perusahaan yang didirikan pada Mei 2015 oleh para ahli merchandising e-commerce ini memiliki tagline “Semua Bisa Online” sebagai cerminan komitmen membantu industri kecil agar dapat melakukan transaksi digital menuju pengembangan masyarakat melek Ekonomi Digital.
Kioson Sebagai Jembatan Kesenjangan Digital UMKM
Image: TechinAsia
Kioson bertekat dapat membantu pelaku UMKM di daerah meningkatkan pendapatannya dengan menjadikan toko tradisional sebagai e-tailer dengan beberapa pilihan cara, antara lain:
  • Bisnis Retail
  • Agen Pembayaran (Payment Point)
  • Program Keagenan (Agency Models)
Kioson sebagai jembatan kesenjangan digital UMKM telah memiliki lebih dari 4000 toko yang bergabung menjadi e-tailer dengan jumlah lebih dari 400.000 konsumen aktif dan 500 supplier yang menjadi mitra bisnis Kioson.
Aplikasi Kioson Android – Mudah dan Cepat
Kioson sebagai jembatan kesenjangan digital UMKM merealisasikan misi mengenalkan sistem Ekonomi Digital melalui banyak hal, salah satunya dengan meluncurkan aplikasi berbasis Android untuk memudahkan para anggotanya menjual ataupun bertransaksi.
Kioson Sebagai Jembatan Kesenjangan Digital UMKM
Tampilan Beranda Aplikasi KIOSON
Pemilihan Android sebagai salah satu platform penyedia aplikasi Kioson sebenarnya didasari oleh trend penggunaan sistem operasi ini di kalangan masyarakat Indonesia. Pengguna gadget di Indonesia didominasi oleh Android sehingga akan cukup memudahkan untuk langsung bergabung tanpa perlu susah. Eitsss, Anda sebagai pelaku usaha yang ingin bergabung namun belum memiliki perangkat Android dapat langsung mengunjungi situs resmi Kioson untuk memilih Paket Gold dengan membayar sebesar Rp 900 ribu untuk mendapatkan tablet Android, saldo sebesar Rp 100 ribu, buku panduan, serta banner toko. 
Instalasi Aplikasi Kioson – Mudah dan Cepat
Anda yang telah menggengam perangkat Android dapat bergabung sebagai mitra Kioson dengan melakukan beberapa langkah berikut ini:
Kioson Sebagai Jembatan Kesenjangan Digital UMKM
Langkah Mudah Instal Aplikasi KIOSON
  • Kunjungi Google Play Store, lalu ketikan kata kunci “Kioson
  • Anda dapat langsung tap “install” untuk melakukan pemasangan pada perangkat
  • Anda tinggal menunggu selama beberapa menit sebelum sistem perangkat menyatakan bahwa aplikasi telah terpasang.
Aplikasi Kioson untuk Android ini dijamin tidak akan memberatkan kinerja perangkat kesayangan. Hal ini dikarenakan ukurannya yang hanya 35 MB tidak akan membuat memori internal “sesak”.
Menggunakan Aplikasi Kioson – The Start
Anda yang telah memasang aplikasi Kioson dapat langsung membukanya setelah instalasi selesai. Anda akan dihadapkan pada layar yang berisi ucapan selamat datang serta panduan singkat. Anda dapat terus menggeser layar device hingga panduan selesai, selanjutnya anda pilih menu DAFTAR dan ikuti lakukan langkah berikut:
Kioson Sebagai Jembatan Kesenjangan Digital UMKM
  1. Isi formulir pendaftaran yang tersedia di aplikasi Kioson. Jangan lupa untuk mengisi data secara akurat.
  2. Tap opsi “Kirimkan” setelah proses pengisian data selesai.
  3. Anda perlu menunggu sekitar 1x24 jam (pengalaman saya tidak sampai 5 menit langsung ada balasan dari pihak kioson) untuk mendapatkan ID Kioson Cash Point (KCP) yang akan dikirmkan melalui pesan singkat ataupun email. Pesan ini nanti juga akan berisi user ID dan password. *lihat gambar bawah!!
  4. Ubah password default sesuai dengan keinginan Anda untuk memastikan keamananya. Anda akan diminta memasukkan kode 6 digit untuk melakukan konfirmasi pengubahan password.


Pada tahap tersebut, Anda telah berhasil melakukan pendaftaran menjadi anggota Kioson sehingga siap melakukan transaksi digital dengan nyaman.
Transaksi di Kioson – Dua Pilihan Utama
Anda yang telah memiliki ID Kioson dapat langsung bertransaksi atau menjalankan bisnis dengan terlebih dahulu mengisi saldo. Proses pengisian saldo ini sebaiknya dilakukan kurang dari dua minggu karena ID akan otomatis terhapus jika tidak ada pengisian. Terdapat dua cara mengisi saldo, yaitu melalui ATM atau melalui rekening Kioson. Panduan proses pengisian ini sendiri dapat dilihat langsung di petunjuk penggunaan aplikasi yang terdapat dalam perangkat Anda.

Keuntungan menjadi anggota Kioson – Banyak dan Puas
Kioson Sebagai Jembatan Kesenjangan Digital UMKM
Keuntungan Member Kioson
Kioson sebagai jembatan kesenjangan digital UMKM menawarkan banyak sekali keuntungan apabila Anda bergabung didalamnya, antara lain:
  1. TerpercayaKioson sebagai salah satu startup e-commerce Indonesia menganggap bahwa kepercayaan anggota merupakan hal penting untuk kesuksesan sebuah bisnis. Oleh karena itu, Kioson menajaga hal ini dengan meyakinkan para penggunanya bahwa segala proses transaksi digital yang dilakukan aman dan tepat. Kioson juga menjamin bahwa seluruh data yang Anda masukkan tidak akan dibocorkan ke pihak manapun.
  2. Mengembangkan Usaha -  Kioson sebagai salah satu wadah e-commerce memberikan kesempatan bagi Anda untuk mengepakkan sayap di dunia usaha online. Anda bisa menjual berbagai produk di apliaksi ini, mulai dari fashion, produk kecantikan, alat rumah tangga, peralatan elektronik, dan lain sebagainya.
  3. Tidak RibetKioson menyadari bahwa kemudahan menjadi salah satu alasan pengguna menggunakan produk digital. Seluruh hal yang berhubungan dengan transaksi di perangkat ini dibuat dengan mudah sehingga bisa diikuti dengan lancar oleh semua orang.
  4. Keuntungan LangsungKioson juga memberikan keuntungan pada mitra yang berhasil melakukan transaksi pembelian ataupun penjualan. Anda bisa mendapatkan hingga 8% keuntungan per item untuk setiap transaksi yang dilakukan.
  5. Banyak VoucherKioson juga menyediakan cukup banyak voucher yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi. Pada saat pertama bergabung saja, Anda akan medapatkan deposit saldo sebesar Rp 5 ribu yang dapat digunakan bertransaksi.
  6. Menjadi Agen PembayaranKioson sebagai jembatan kesenjangan digital UMKM memberikan kesempatan bagi mitranya untuk meraih untung dengan menjadi agen pembayaran. Anda dapat menjadi agen pembayaran PLN, Telkom, PDAM, hingga berbagai cicilan dengan komisi mencapai Rp 1000 untuk sekali transaksi.
  7. Menjadi Agen Sinarmas Multifinance – Mitra Kioson juga dapat menjadi agen marketing Sinarmas Multifinance untuk mendapatkan keuntungan mencapai Rp 400 ribu per transaksi yang telah diterima.
Kioson Sebagai Jembatan Kesenjangan Digital UMKM memang masih merupakan startup yang masih mengembangkan diri menjadi lebih baik. Namun demikian, Kioson dapat dijadikan sebagai satu opsi menarik bagi kamu yang hobi bertransaksi digital atau mengembangkan sayap usaha. Kioson sebagai mitra masyarakat juga selalu membuka diri untuk pertanyaan atau masukkan yang bisa dihubungi melalui layanan LOKET (Layanan Online Kioson E-Tailer) dengan nomor +62818 0721 8383 (XL), +62857 7625 8383 (Indosat), +62899 983 8383 (Tri), dan +62812 9556 8383 (Telkomsel).

Untuk lebih jelasnya silahkan tonton video dari KIOSON ini sampai selesai:
Oh iya, bila sobat ingin mendapatkan aplikasi dari kioson bisa juga di unduh di gambar dibawah ini:
 Aplikasi Kioson On Playstore

Nah mungkin itulah sedikit tentang Kioson, semoga bermanfaat ya kawan!! Terimakasih sudah berkunjung dan wassalam!!
 Kioson Blog Competition