6 Cara Menidurkan Bayi Tanpa Menggendongnya

Triviaries - 6 Cara Menidurkan Bayi Tanpa Menggendongnya, Halo bunda dan sista yang cantik, pernahkah adakalanya merasa payah saat harus ingin menidurkan bayi, apalagi saat bayi rewel karena mengantuk. Satu-satunya cara adalah menggendongnya & berharap si kecil segera lelap karena gendongan, Bunda. Tapi tahukah, jika bayipun bisa segera tidur tanpa harus digendong dulu? Tidak perlu panik, bayipun dapat tidur lelap tanpa digendong.
Cara Menidurkan Bayi Tanpa Menggendongnya

Berikut adalah 6 tips agar bayi tidur lelap tanpa harus digendong terlebih dahulu. Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.
  1. Saat bayi terbangun, bunda jangan segera menggendongnya. Biarkan sejenak agar tertidur kembali, bunda bisa juga mengelus tangan atau punggungnya utk memberi efek menenangkan. Peluk si kecil hingga ia tertidur.
  2. Bayi yg berusia 6 minggu sudah dibiasakan utk tidur tanpa perlu digendong. bunda cukup menemaninya saja agar tidak terbiasa dengan tidur digendong.
  3. Bayi yg dibedong tidak akan mudah bangun oleh suara-suara yg mengganggu tidurnya. Ingat membedong bayi cukup pada usia 0-3 bulan saja. Itu juga bisa jadi salah satu cara untuk menidurkan bayi tanpa perlu digendong
  4. Sebelum tidur bunda bisa memberikan ASI yg banyak agar si kecil tidak mudah terbangun. Hal ini penting agar si kecil tidak mudah bangun saat tengah malam.
  5. Jika si kecil biasa tidur lebih panjang disiang hari, akali dgn memasang lampu yg bercahaya putih sehingga bayi merasa sedang tidur di siang hari. Utk melatih jam biologisnya, bunda juga bisa memasang lampu yg redup saat sore hari.
  6. Saat bayi mulai mengantuk, bunda jangan memandang mata bayi. Hal ini penting agar si kecil merasa lebih nyaman dan tidak tertuju pada mata si bundanya.

Nah demikian 6 cara utk menidurkan bayi tanpa perlu menggendongnya. Membiasakan bayi utk tidur tanpa perlu digendong akan melatihnya lebih mandiri bunda. Selamat mencoba & semoga berhasil.